Boekenkast

Isi almari bukuku

Membangkitkan Kesadaran Kerasulan Dengan Surah Yasin

Judul : Menerapkan Keajaiban Surah Yasin Dalam Kehidupan Sehari-hari 2
Penulis : Achmad Chodjim
Penerbit : Serambi Ilmu Semesta
Cetakan : I, April 2011
Ketebalan : 230 halaman
ISBN : 978-979-024-272-2











Jatuhnya kerajaan Majapahit menjadi tanda kemerosotan suku-suku bangsa yang ada di Nusantara. Padahal menurut catatan Ma Hua & Fei Xin yang tergabung dalam ekspedisi pelayaran Cheng Ho, bahwa kota-kota di pulau Jawa & Sumatera dalam keadaan makmur. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan adanya perebutan kekuasaan.

Puluhan tahun Indonesia membangun tubuhnya dengan harapan bangsa ini bisa lepas landas dan ikut pada jajaran negara-negara maju. Tetapi krisis yang diawali tanda-tandanya pada pertengahan 1997, tidak menyadarkan kita. Yang terjadi adalah Indonesia mengalami krisis multidimensi.

Untuk itulah Achmad Chodjim membedah ayat-ayat dari Surah Yasin. Chodjim mengajak kepada pembaca untuk membaca dan memahami surah Yasin agar kesadaran kerasulan pada diri masing-masing dapat bangkit. Dalam jilid pertama, Chodjim menguraikan tanda-tanda Allah yang tersebar di angkasa. Namun pada jilid kedua ini, diuraikan tanda-tanda Allah yang ada di muka bumi.

Di dalam buku ini diuraikan mekanisme keberadaan manusia. Bagaimana proses penciptaan manusia, proses menjalani hidup dan untuk apa sebenarnya manusia itu diciptakan. Semua itu memiliki kesinambungan antara manusia, alam dan Allah SWT. Bumi beserta isinya dititipkan kepada bani Adam (manusia), untuk digunakan dan dijaga sebaik mungkin. Tetapi pada kenyataannya, manusia justru melakukan eksploitasi alam secara besar-besaran.

Berbagai macam kejadian telah kita lihat, saksikan dan rasakan bersama. Adzab-adzab yang telah Allah SWT turunkan berupa prahara, kekacauan kehidupan sosial, peperangan, wabah penyakit mematikan dan berbagai jenis bencana alam mulai dari luapan lumpur Sidoarjo, gempa bumi, gunung meletus hingga tsunami, yang disebabkan oleh ulah manusia. Inilah yang disebut hukum alam, hukum sebab-akibat dimana akhirnya manusia pula yang merasakannya.

Seluruh ayat dalam Surah Yasin merupakan pengajaran nyata di dunia ini. Dan Surah Yasin sendiri memiliki fungsi mengingatkan manusia agar tetap berada di jalan yang lurus. Manusia bukanlah makhluk yang paling unggul. Tetapi manusia lebih unggul dari sebagian besar makhluk ciptaan-Nya. Oleh karena itu manusia ditunjuk sebagai khalifah di muka bumi. Manusia-lah yang bertugas menjaga bumi ini dari segala adzab-adzab Allah. Bagaimana caranya? Dengan tetap berada di jalan yang lurus. Dan semua itu dilakukan agar mendapatkan cucuran rahmat Allah SWT.

Al-Qur’an benar-benar menjadi peringatan bagi yang hidup di dunia dan Al-Qur’an menawarkan sistem yang lebih luas, yang melindungi semua pihak. Sistem inilah yang dikenal sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin. Dan bukankah itu yang sebenarnya manusia harapkan pada kehidupan berikutnya?

Chodjim menjelaskan secara terperinci ayat demi ayat yang terdapat dalam Surah Yasin. Dilengkapi dengan berbagai referensi serta dalil-dalil Al-Qur’an yang tentunya relevan dan dibubuhkan pula kejadian-kejadian yang telah terjadi, menjadikan penjelasannya sangat rasional. Sehingga melalui penjelasan-penjelasan dalam buku ini, maka Surah Yasin tidak hanya sebagai Surah yang dibaca pada malam Nisfu Sya’ban atau dibaca saat ada orang yang meninggal dunia atau pun dibaca setiap malam Jum’at. Karena sebenarnya isi kandungan dalam Surah Yasin ini, sangatlah besar dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Selamat menggali pelajaran yang nyata!

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan...
Terima kasih...